Senin, 09 September 2013

Power OCL

Kali ini saya berbagi kepada anda untuk merakit power amplifier jenis output capasitor less atau biasa disebut OCL . Rangkaian OCL ini termasuk dalam kategori mudah untuk dirakit.
karena rangkaiannya sangat sederhana dan tidak memerlukan beberapa settingan.
tinggal buat PCB, pasang komponen dan bisa digunakan. 
Jadi sangat cocok untuk pemula yang ingin merakit amplifier sederhana namun menghasilkan daya yang cukup besar.





Seperti terlihat pada gambar rangkaian amplifier OCL diatas,

tidak banyak yang perlu di setting.
Jadi merakit modul OCL power amplifier ini semudah merakit amplifier yang menggunakan IC. 
Anda bisa menggunakan transistor output TIP2955-TIP3055 atau MJ2955-2N3055 menghasilkan daya 75 watt yang cukup powerful untuk hi-fi amplifier di rumah maupun untuk power subwoofer.



Tidak ada proses yang susah dalam merakit power OCL ini. Semuanya cukup mudah dikerjakan dan komponennya juga sangat mudah didapat di pasaran.


Untuk hasil terbaik gunakan transistor output TIP2955-TIP3055 asli, demikian juga bila anda menggunakan jenis jengkol MJ2955-2N3055. Karena bila anda menggunakan transistor palsu ASPAL akan mudah terbakar dan suaranya buruk.

Treble'nya tidak bersih dan Bass'nya kurang.

Power amplifier OCL ini cocok untuk stereo sistem maupun power subwoofer, dan lebih nampol jika dibanding amplifier yang menggunakan IC dengan daya dibawah 50 watt.

2 komentar:

  1. Sangat lengkap ulasan tentang Power OCL ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.
    TOA.

    BalasHapus
  2. gan...
    mantappp;.........agan pecinta power ocl ya........aku sama gan cinta mati ma power ocl......karena power ocl itu karakter suara yang paling kuenceng dari pada power ampli tda....

    BalasHapus